Kamis, 03 Juni 2010

Guru masa kini


Guru Masa Kini Lebih Bahagia
Puspita Wulandari
| 31 Januari 2010 | 19:20
90
9
Nihil.

Guru sekarang pasti lebih baghagia di banding guru sepuluh tahun yang lalu, bagaimana tidak bahagia?. Awal liburan saja dapat puluhan kiriman ucapan selamat via ponsel, belum lagi ucapan via email dan facebook tentu saja ucapan selamat berlibur dari para siswa maupun alumni belum lagi dari keluarga dan sahabat. Guru sepuluh tahun yang lalu, paling-paling dapat ucapan selamat via telpon itupun bisa dihitung dengan jari.

Guru sekarang setiap hari bisa belajar dan menambah ilmu diantara kesibukan pelayanan profesi, pelayanan keluarga dan pelayanan masyarakat. Mau belajar apa saja dan kapan saja bisa. Sering saya merenung sendiri mengapa tidak dari dulu-dulu keadaan seperti ini terjadi. Kini tidak ada beda antara guru desa dan guru kota semua kembali kepada niatan untuk mengembangkan diri.

Guru bisa belajar pada siapa saja. Sampai hari ini saya hanya mampu mendoakan teman-teman blogger yang telah berbuat baik dan memotivasi saya tanpa mampu saya sebutkan satu persatu. Saya banyak berutang budi pada beliau-beliau semua, sering saya berpikir kapan saya mampu berkarya sebaik beliau. Tapi saya yakin suatu saat pasti bisa. Amin.

Guru sekarang bisa mengajar dengan mengunakan peralatan multimedia, dengan demikian bisa berbagi ilmu ke siswa tentang tehnologi informasi tanpa memandang mata pelajaran yang diajarkan, guru matematika, fisika, tehnik, biologi dll bisa membagi ilmunya ke siswa bukan hanya guru keterampilan komputer saja yang bisa berbagi ilmu komputer ke siswa.

Guru mau rekreasi kemana saja bisa, ingin menambah wawasan tentang daerah wisata setiap saat bisa, sehingga bisa membangun mimpi. Satu persatu daerah wisata yang sempat kami kunjungi di dunia maya benar-benar bisa kami kunjungi di dunia nyata.

Guru punya kesempatan memotivasi siswa-siswa setiap saat di saat sempat. Siswa-siswa biasanya takut kalau mau bercerita tentang kesulitan dan mimpi juga permasalahnnya di sekolah, namun sebagian lebih nyaman bercerita lewat email, pelayanan profesi bisa dilakukan setiap saat, dan pagi bisa dilanjutkan di sekolah, bahkan karena siswa merasa memiliki teman untuk mengembangkan diri menjadi lebih bersemangat memperjuangkan mimpinya. Bahkan ada beberapa siswa yang tidak memiliki keberanian maju atau mengerjakan soal dipapan tulis bahkan berani beradu argumentasi di kelas, guru bisa menegurnya via email dan akhirnya siswa berani maju dan mengeluarkan pendapatnya. Membahagiakan sekali.

Guru punya kesempatan berbagi pengalaman dengan siapa saja. Suatu saat setiap guru pasti dihinggapi rasa jenuh karena tugasnya, manusiawi sekali. Menjaga dan melayani generasi muda jaman sekarang tidak mudah, apalagi sebagian besar dari mereka dilahirkan indigo, bisa sakit hati kalau tidak mau belajar tentang psikologi anak, dengan memiliki kesempatan berbagi menjadikan guru merasa berarti dan bersemangat mengembangkan diri.

Semoga tahun depan semakin banyak guru yang memiliki blog sehingga mampu berbagi, dan saya semakin banyak bisa belajar. Amin.

Masalah rejeki, kalau melihat semakin banyak guru yang ngeblog dan memiliki laptop berarti kehidupan guru sekarang sudah semakin makmur. Jika guru mau melayani siswa dengan baik dan mau meningkatkan pelayanan profesinya, Insyaallah rejeki akan terus mengalir dan hidupnya akan bertambah bahagia. Amin amin ya robbal alamin.

Semoga semakin banyak guru-guru Indonesia yang merasa semakin bahagia. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Termodinamika

Materi Kuliah

Termodinamika

Dari Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas berbahasa Indonesia.

Langsung ke: navigasi, cari

Sebuah sistem termodinamika

Sebuah sistem termodinamika

Termodinamika (bahasa Yunani: thermos = ‘panas’ and dynamic = ‘perubahan’) adalah fisika energi , panas, kerja, entropi dan kespontanan proses. Termodinamika berhubungan dekat dengan mekanika statistik di mana banyak hubungan termodinamika berasal.

Pada sistem di mana terjadi proses perubahan wujud atau pertukaran energi, termodinamika klasik tidak berhubungan dengan kinetika reaksi (kecepatan suatu proses reaksi berlangsung). Karena alasan ini, penggunaan istilah “termodinamika” biasanya merujuk pada termodinamika setimbang. Dengan hubungan ini, konsep utama dalam termodinamika adalah proses kuasistatik, yang diidealkan, proses “super pelan”. Proses termodinamika bergantung-waktu dipelajari dalam termodinamika tak-setimbang.

Karena termodinamika tidak berhubungan dengan konsep waktu, telah diusulkan bahwa termodinamika setimbang seharusnya dinamakan termostatik.

Hukum termodinamika kebenarannya sangat umum, dan hukum-hukum ini tidak bergantung kepada rincian dari interaksi atau sistem yang diteliti. Ini berarti mereka dapat diterapkan ke sistem di mana seseorang tidak tahu apa pun kecual perimbangan transfer energi dan wujud di antara mereka dan lingkungan. Contohnya termasuk perkiraan Einstein tentang emisi spontan dalam abad ke-20 dan riset sekarang ini tentang termodinamika benda hitam.


//
// –>

Konsep dasar dalam termodinamika

Pengabstrakan dasar atas termodinamika adalah pembagian dunia menjadi sistem dibatasi oleh kenyataan atau ideal dari batasan. Sistem yang tidak termasuk dalam pertimbangan digolongkan sebagai lingkungan. Dan pembagian sistem menjadi subsistem masih mungkin terjadi, atau membentuk beberapa sistem menjadi sistem yang lebih besar. Biasanya sistem dapat diberikan keadaan yang dirinci dengan jelas yang dapat diuraikan menjadi beberapa parameter.

Sistem termodinamika

Sistem termodinamika adalah bagian dari jagat raya yang diperhitungkan. Sebuah batasan yang nyata atau imajinasi memisahkan sistem dengan jagat raya, yang disebut lingkungan. Klasifikasi sistem termodinamika berdasarkan pada sifat batas sistem-lingkungan dan perpindahan materi, kalor dan entropi antara sistem dan lingkungan.

Ada tiga jenis sistem berdasarkan jenis pertukaran yang terjadi antara sistem dan lingkungan:

  • sistem terisolasi: tak terjadi pertukaran panas, benda atau kerja dengan lingkungan. Contoh dari sistem terisolasi adalah wadah terisolasi, seperti tabung gas terisolasi.
  • sistem tertutup: terjadi pertukaran energi (panas dan kerja) tetapi tidak terjadi pertukaran benda dengan lingkungan. Rumah hijau adalah contoh dari sistem tertutup di mana terjadi pertukaran panas tetapi tidak terjadi pertukaran kerja dengan lingkungan. Apakah suatu sistem terjadi pertukaran panas, kerja atau keduanya biasanya dipertimbangkan sebagai sifat pembatasnya:
    • pembatas adiabatik: tidak memperbolehkan pertukaran panas.
    • pembatas rigid: tidak memperbolehkan pertukaran kerja.
  • sistem terbuka: terjadi pertukaran energi (panas dan kerja) dan benda dengan lingkungannya. Sebuah pembatas memperbolehkan pertukaran benda disebut permeabel. Samudra merupakan contoh dari sistem terbuka.

Dalam kenyataan, sebuah sistem tidak dapat terisolasi sepenuhnya dari lingkungan, karena pasti ada terjadi sedikit pencampuran, meskipun hanya penerimaan sedikit penarikan gravitasi. Dalam analisis sistem terisolasi, energi yang masuk ke sistem sama dengan energi yang keluar dari sistem.

Keadaan termodinamika

Ketika sistem dalam keadaan seimbang dalam kondisi yang ditentukan, ini disebut dalam keadaan pasti (atau keadaan sistem).

Untuk keadaan termodinamika tertentu, banyak sifat dari sistem dispesifikasikan. Properti yang tidak tergantung dengan jalur di mana sistem itu membentuk keadaan tersebut, disebut fungsi keadaan dari sistem. Bagian selanjutnya dalam seksi ini hanya mempertimbangkan properti, yang merupakan fungsi keadaan.

Jumlah properti minimal yang harus dispesifikasikan untuk menjelaskan keadaan dari sistem tertentu ditentukan oleh Hukum fase Gibbs. Biasanya seseorang berhadapan dengan properti sistem yang lebih besar, dari jumlah minimal tersebut.

Pengembangan hubungan antara properti dari keadaan yang berlainan dimungkinkan. Persamaan keadaan adalah contoh dari hubungan tersebut.

Hukum-hukum Dasar Termodinamika

Terdapat empat Hukum Dasar yang berlaku di dalam sistem termodinamika, yaitu:

  • Hukum Awal (Zeroth Law) Termodinamika
Hukum ini menyatakan bahwa dua sistem dalam keadaan setimbang dengan sistem ketiga, maka ketiganya dalam saling setimbang satu dengan lainnya.
  • Hukum Pertama Termodinamika
Hukum ini terkait dengan kekekalan energi. Hukum ini menyatakan perubahan energi dalam dari suatu sistem termodinamika tertutup sama dengan total dari jumlah energi kalor yang disuplai ke dalam sistem dan kerja yang dilakukan terhadap sistem.
  • Hukum kedua Termodinamika
Hukum kedua termodinamika terkait dengan entropi. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan meningkatnya waktu, mendekati nilai maksimumnya.
  • Hukum ketiga Termodinamika
Hukum ketiga termodinamika terkait dengan temperatur nol absolut. Hukum ini menyatakan bahwa pada saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut, semua proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum. Hukum ini juga menyatakan bahwa entropi benda berstruktur kristal sempurna pada temperatur nol absolut bernilai nol.